e Hospital

e Hospital

eHospital, Diera globalisasi sekarang ini, khususnya rumah sakit papan atas dituntut untuk melakukan inovasi terutama di sektor pelayanan medik. hal ini sesuai tuntutan masyarakat moderen dimana untuk mendapatkan pelayanan mereka enggan lagi antri diloket pendaftaran, bila perlu pelayan medik yang datang ke rumah.
Suatu bentuk Inovasi “e_hospital, ini sudah lama berkembang di negara maju terutama masyarakat yang menjadi pelanngan khusus suatu rumah sakit, misalnya karena penyakitnya (Penyakit jantung) yang harus dikontrol oleh para dokter di rumah sakit tertentu. mereka menggunakan fasilitas tekhnologi informasi (internet) untuk berkomunikasi dengan dikternya/ rumah sakit.
Inovasi tersebut untuk saat sekarang ini terlebih lagi di Indonesia tidak memberi dampak langsung yang banyak tentang profit rumah sakit , sebenarnya tekhnologi ini tidak terlalu mahal tetapi yang sanga mahal adalah pemeliharaan /pengadaan infra struktur,  terlebih lagi target pasar masih sangat kecil.berapa banyak pelanggan / pasien yang bisa dijangkau???, ambillah contoh di Jakarta..dengan kondisi seperti sekarang ini..dimana mana jalur jalan kendaraan macet..jadi rumah sakit edaelnya menyiapkan transpor antar jemput melalui udara, mempersiapkan tenaga paramedis/medis yang terlatih 24 jam nonstop, begitu juga para pelanggannya juga harus mempersiapkan komputer/ atau alat komunikasi khusus yang tidak perlu lagi konfirmasi PIN untuk bertransaksi (sangat berbeda dengan e_bay yang lain). Paling tidak e_hospital ini mendapat subsidi silang dari pengunjung rumah sakit tersebut dan ini berdampak peningkatan biaya berobat di rumah sakit . Dan satu hal yang bisa diperoleh dari e_Hospital ini yaitu peningkatan citra rumah sakit, dan ini wajar harus dibayar mahal.
Di Indonesia , versi yang dimungkinkan yaitu registrasi online, artinya pasien tidak perlu lagi antri diloket. atau bentuk yang lain yaitu membuat portal tersendiri khusus untuk pelanggan rumah sakit. Kedua model tersebut juga belum menjamin keakurasian data pelanggan karena diindonesia banyak sekali individu yang mempunyai identitas ganda.
Menurut saya, eHospital (dalam arti yang luas) di Indonesia (Negara berkembang) belum saatnya dimasyarakatkan , entah kapan, yang jelas selama masyarakat kita belum menghayati pentingnya PIN dan  ”Emergency Call” , maka kita tetap biasa-biasa saja.

eHospital dalam arti yang terbatas seperti yang dikembangkan oleh IC Innovatian (registrasi Online, eMedical Record, eResipe, rujukan interen , Permintaan penunjang diagnostik, termasuk informasi pelayanan rumah sakit , ruang perawatan dan lain sebagainya) telah banyak digunakan di rumah sakit yang besar
Aplikasi yang dikembangkan tersebut menggunakan metoda Bridge System yaitu mengintegrasikan HIS dengan CIS.

baca juga eHospital dalam pengertian terbatas

Iklan



    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: